Se Laisser Pousser La Barbe

Setelah beberapa buLan beristikharoh dan bersemedi, saya beLum berani mengambiL keputusan. Akankah saya memiLih seperti Orlando Bloom atau seperti Shavo Odadjian? . Dari beberapa referensi yang saya baca, ada beberapa hadits yang berkaitan dengan masaLah yang sedang saya hadapi kaLi ini.
Se Laisser Pousser La Barbe
“Selisihilah orang-orang musyrik, potonglah kumis (hingga habis) dan sempurnakan jenggot (biarkan tumbuh lebat)” [1]
“Potonglah kumis dan biarkanlah jenggot memanjang, selisihilah orang-orang Majusi” [2]
“Barangsiapa yang tidak pernah mengambil dari kumisnya (memotongnya), maka dia bukan termasuk dari golongan kami” [3]
Di daLam hadits-hadits yang telah disebutkan di atas terdapat petunjuk bahwa memanjangkan kumis dan mencukur jenggot serta memotongnya termasuk perbuatan menyerupai orang-orang majusi dan orang-orang musyrik, padahaL sudah diketahui bahwa menyerupai mereka adaLah perbuatan yang mungkar, tidak boLeh diLakukan berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW.
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari golongan mereka” [4]
Jadi, sahabat, haruskah saya memotong jenggot saya yang sudah lumayan panjang ini, atau tetap membiarkannya tumbuh?
[1] Shahih Al-Bukhari, kitab Al-Libas (5892, 5893), Shahih Musim, kitab Ath-Thaharah (259).
[2] Shahih Muslim, kitab Ath-Thaharah (260)
[3] Sunan At-Turmudzi, kitab Al-Adab (2761), Sunan An-Nasai, kitab Ath-Thaharah (13) dan kitab Az-Zinah (5047)
[4] Sunan Abu Daud, kitab Al-Libas (4031), Musnad Ahmad (5093, 5094, 5634)

0 komentar:

Posting Komentar