AKREDITASI, PENTING APA TIDAK

Akreditasi merupakan salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan atau program studi.misal nih, "eh mending kuliah di fisika UNAIR atau ITS ya?"
kalo dilihat dari hal akreditasinya, akreditasi lembaga untuk kampus UNAIR dan ITS sama-sama A, tetapi akreditasi jurusan fisika ITS tidak sama dengan akreditasi fisika UNAIR. di ITS akreditasi fisikanya A, sedangkan di UNAIR akreditasinya B.
nah apa sih akreditasi itu?

Akreditasi merupakan salah satu pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi/jurusan.Akreditasi di perguruan tinggi ada 2, akreditasi lembaga dan akreditasi program studi.Disini yang dibahas akreditasi program studi/jurusan aja, akreditasi lembaga ntar ga kepake buat kita.apa sih akreditasi prodi?
Akreditasi merupakan penilaian secara umum mengenai prodi suatu perguruan tinggi . Akreditasi lembaga/prodi di indonesia dilakukan oleh BAN PT (badan akreditasi nasional perguruan tinggi). Akreditasi lembaga, akreditasi secara keseluruhan, misal akreditasi kampus UI, akreditasi prodi misal akreditasi prodi kimia UI.
Tujuan akreditasi:
  1. menginformasikan kinerja perguruan tinggi/prodi kepada masyarakat
  2. Agar tau kurang2nya dimana dalam rangka untuk memperbaiki kinerjanya
Jadi setelah lo tau cita2, tentuin jurusan, baru tentuin kampus mana kamu kuliah dengan jurusan.Salah satu pertimbangannya adalah akreditasi. Selain faktor2 lain misalnya lokasi, biaya kuliah, saingan, ortu, dll
Contoh: gue pengen jadi guru fisika, jadi buat raih cita2, gue kuliah di pendidikan fisika. Perguruan Tinggi yang ada pendidikan fisika: UPI, UNNES, UM, UNJ, dll. Nah didasarkan apa lo milih beberapa pilihan kampus tsb? Banyak, salah satunya YANG BISA jadi pertimbangan adalah akreditasi.Kenapa kata "yang bisa" gue kapitalin?Ya soalnya g harus, terserah lo.Akreditasi merupakan salah satudari sekian banyak pertimbangan.
Penilaian akreditasi didasarkan pada 7 standar, antara lain:
  1. Visi, misi, tujuan dan sasaran, dan strategi pencapaian
  2. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu BAN-PT
  3. Mahasiswa dan lulusan, ini biasanya dilihat quesioner para lulusannya, IP yang diraih para mahasiswanya, rekrutmen mahasiswa
  4. sumber daya manusia (SDM) seperti jumlah dosen, kualifikasi dosen, pengembangan dosen
  5. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik
  6. Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi
  7. Penelitian (jurnal2, karya ilmiah, dll) dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.
Nanti dari ke-7 standar tsb didropdwon lg menjadi beberapa substandar yg lebih rinci dgn bobot nilai yg beda2.Misal pada poin 4 tentang mahasiswa dan lulusan, dibagi dalam beberapa sub, misal tentang rekrutmen, pelayanan, partisipasi lulusan, dll.Setelah itu didapat nilai akhir (skala 0-400) yg nentuin bhw prodi ini dapet A, B, C, atau NA (nir-akreditasi/tak terakreditasi)
Akreditasi A untuk prodi dengan nilai akhir 361-400, B nilai 301-360, C nilai 201-300, sedangkan NA untuk yg kurang dari 201. Agar dapat mengeluarkan ijazah, sebuah prodi harus minimal terakreditasi C. Kalo NA ga bisa ngeluarin ijazah. Harus di proses akreditasi lagi paling cepet setaun kedepan.
Bagaimana dengan prodi baru?pada taun awal emang ga terakreditasi. Jadi harus mengajukan diri buat diakre, meski belum punya lulusan.tapi karena belum punya lulusan, memang sulit untuk prodi baru langsung dapet akre yg memuaskan. Akreditasi berlaku selama 5 tahun.sebelum 5 th, harus udah diakreditasi ulang agar ga kadaluarsa. Akreditasi ulang bisa membuat nilai akre nya naik, tetep atau turun. Tergantung penilaian saat itu, soalnya mulai dari awal lagi
Bagaimana jika akreditasi terlanjur kadaluarsa? Akreditasi kadaluarsa artinya nilai akreditasinya sudah ga berlaku, artinya sama dengan NA atau ga bisa nerbitin ijazah!Jadi yang udah terlanjur kadaluarsa harus segera minta untuk di proses akre lagi.
Nah sekarang apakah akreditasi dilihat pas ntar nyari kerja?Sebenernya sedikit lowongan kerja yang ada syarat akreditasinya.Tapi emang ada beberapa loker yg mensyaratkan.Kebijakannya tergantung masing2 perusahaan/instansi.Contoh: di penerimaan CPNS BPKP kemarin ada syarat minimal akreditasi jurusannya B. Akreditasi biasanya cuma syarat di awal, selanjutnya tergantung tes, wawancara, dll. Jadi bisa dibilang penting karena kadang ada beberapa lowongan kerja yang mensyaratkan, bias dibilang ga penting karena cuma sebatas digunakan di syarat awal itu saja.
Untuk mengetahui akreditasi program studi suatu jurusan di kampus tertentu secara real-time (otomatis terupdate), silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini. (contoh: Universitas Jenderal Soedirman)
  1. Silahkan kunjungi situs pencarian BAN-PT atau bisa dengan mengetik http://banpt.kemdiknas.go.id/direktori.php
  2. Setelah itu, ketiklah "Universitas Jenderal Soedirman" di kolom Nama Universitas
  3. Kemudian, pada pilihan "status kadaluarsa" pilihlah "tampilkan semuanya" lalu setelah itu tekan tombol "Cari"
  4. TARAAA! Akhirnya lo bisa melihat akreditasi dan daftar semua prodi/jurusan yang ada di UNSOED!

1 komentar: