Review Jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer




APA ITU TEKNIK INFORMATIKA ?
Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika.Pada Teknik Informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

BEDA TEKNIK INFORMATIKA, ILMU KOMPUTER, TEKNIK KOMPUTER, DAN SISTEM INFORMASI
Teknik Informatika sama dengan ilmukomputer, beda di nama dan gelar lulusannya aja, misal di UI namanya ilmu komputer kalo di ITB namanya Teknik Informatika . TI atau Ilmu komputer banyak concern ke pemrograman, dimulai dari penguasaan teori sampai ke pengembangan software.

Sedangkan Teknik Komputer lebih concern ke hardwarenya, jadi kayak ngerakit komputer atau membuat jaringangitu.Jadi mengimplementasikan antara software dan haerdware.

Di UI teknik komputer masuk ke Fakultas Elektro, bukan ke Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM).
Sedangkan Sistem Informasi(SI) atau kadang disebut juga manajemen informatika, lebih ke menganalisa kebutuhan, condong ke manajemen data, bagaimana membuat sistem terkomputerisasi.

FAKULTAS DAN GELAR
Teknik Informatika biasanya masuk FakultasTeknologi Informasi atau Fakultas Ilmu Komputer, yang biasanya isinya adalah prodi Teknik Informatika , Sistem Informasi, dan atau Ilmu Komputer.
sedangkan di ITB JurusanTeknik Informatika masuk Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI). STEI sendiri terdiri dari lima program studi, Teknik Informatika , Teknik Telekomunikasi, Teknik Tenaga Listrik, Sistem Dan Teknologi Informasi. Jadi bila pengen kuliah di Teknik Informatika di ITB, nanti pas SNMPTN milihnya STEI, trus kuliah umum dulu dan penjurusan baru dilakukan ketika naik ke semester 3.FYI, di ITB beda ma kampus-kampus lain, disana penjurusan dilakukan ketika naik semester 3.

Di ITB karena masuk fakultas teknik maka akan mendapatkan gelar S.T (SarjanaTeknik), sedangkan di UI masuk ke FASILKOM ketika lulus akan mendapatkan gelar S.Kom (Sarjana Komputer) sedangkan di UGM, UB, IPB karena masuk MIPA jadi nanti kalo lulus akan mendapatkan gelar S.Si (Sarjana Science)


APA YANG DIPELAJARI DI TEKNIK INFORMATIKA ?
Sebenarnya yang dipelajari di Teknik Informatika , Sisitem Informasi, dan Teknik Komputer tidak jauh beda, namun beda penekanannya aja. Pada Teknik Informatika , mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Seperti dijelaskan diatas, Teknik Informatika lebih concern ke Pemrograman dan Komputasi.

Pada semester awal biasanya diajarkan bahasa pemrograman PASCAL, kemudian HTML, JAVA, C, C++, VB, PHP, CSS, BTW, KK, ADMN, CKP, BGT

Trus kemudian Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Arsitektur dan Jaringan Komputerjuga termasuk yang diajarkan namun porsinya lebih sedikit
Walaupun sama nama jurusannya, kalo beda kampus biasanya juga beda mata kuliahnya.Lebih lengkapnya silakan buka web kampus yang kamu inginkan dan lihat mata kuliahnya. Misal di ilmu komputer IPB lebih concern ke pengembangan pertanian dengan riset komputasi sedangkan ilmu komputer UI beda lagi, UGM beda lagi.Begitu juga Teknik Informatika ITS dan Teknik Informatika ITB, juga ada beberapa mata kuliah yang berbeda, walaupun secara umum sama.

PROSPEK LULUSAN TEKNIK INFORMATIKA

Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer.Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika .Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, InstansiPemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll).

Di lowongan-lowonga pekerjaan, beberapa perusahaan menyamakan lulusanTeknik Informatika dan teknik komputer.Padahal sesuai dengan penjelasan diatas, kan kedua jurusan tersebut concernnyabeda

PTN dengan Teknik Informatika/ilmukomputer yang terkenal terbaik adalah di Teknik Informatika ITB, Teknik Informatika ITS, Ilmu Komputer UI, Ilmu Komputer UGM, dll. Sedangkan di PTS yang terkenal adalah Teknik Informatika BINUS, Teknik Informatika STT Telkom danTeknik Informatika Gunadarma, dll. Bahkan pernah ada perusahaan Singapura yang membuka lowongan kerja khusus lulusan BINUS.

0 komentar:

Posting Komentar