Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual biasanya disingkat DKV, Deskomvis atau gaulnya DKVer. DKV merupakan seni berkomunikasi dengan menggunakan bahasa rupa untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi, hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan.
Desain: perancangan estetika, berdasarkan cita rasa dan kreativitas. komunikasi: ilmu menyampaikan pesan. visual berarti dapat dilihat. jadi DKV: ilmu yg mempelajari konsep komunikasi untuk menyampaikan pesan/gagasan secara visual melalui media dgn berlandaskan kreatifitas.
Desain Grafis: yg dikerjakan desain artwork suatu karya, hanya memenuhi permintaan klien soal desain, hanya bergelut di komputer grafisnya. DKV: memikirkan juga bagaimana strategi pendekatan suatu desain/seni kpd targetnya, konsep psikologi dan komunikasi suatu desain
nanti di semester lanjut ada konsentrasi atau pemilihan keahlian, semacam penjurusan lagi
contoh di ITB mulai semester 6 ada pembagian konsentrasi DKV:
  1. Desain Grafis
  2. Multi Media
  3. Komunikasi Visual Periklanan/Advertising
Nah kalo udah lulus, lapangan kerjanya a.l: Biro Desain, Biro iklan, Percetakan & penerbitan, Rumah produksi, Animasi, Pertelevisian dll. untuk mencari kerja, bagi seorang desainer itu yang terpenting adalah portofolio desainnya. biasanya dilampirkan ketika ngelamar.
intinya kalo lo merasa dirimu kreatif, memiliki jiwa seni dan berpikiran terbuka... mari gabung ke DKV

0 komentar:

Posting Komentar