Apple kehilangan trademark nama iPhone di Brazil

Trademark iPhone di Brazil tidak lagi dimiliki oleh Apple.

Dikutip dari BBC diberitakan bahwa Apple tidak lagi memiliki hak eksklusif atas trademark nama iPhone di negara Brazil setelah otoritas hak cipta Brazil (Institute of Industrial Property / INPI) memutuskan bahwa Gradiente SA sebagai pemilik eksklusif merk iPhone.
Peristiwa ini dapat terjadi karena Gradiente terlebih dahulu mendaftarkan merk Gradiente iphone pada tahun 2000 di Brazil, sementara Apple baru mendaftarkannya pada tahun 2007 bersamaan dengan dirilisnya generasi pertama iPhone.
Sebenarnya Apple sudah mengetahui pendaftaran nama iPhone dan bisa saja langsung mengajukan penawaran utk membelinya dari Gradiente, tapi Apple tampaknya lebih memilih jalur hukum untuk membatalkan trademark yang dimiliki Gradiente dengan alasan mereka tidak pernah menggunakan trademark tersebut selama 7 tahun.
Masalah kini semakin rumit setelah Gradiente pada Desember 2012 telah memproduksi handphone ber-OS Android dengan merk “Gradiente iPhone” yang memiliki kemiripin fisik dengan versi aslinya.
iPhone gradiente image

Rencananya Apple akan melakukan banding atas keputusan INPI. Tapi menurut penulis  ketimbang melalui proses pengadilan yang panjang serta memakan biaya dan waktu, maka mungkin akan lebih mudah dan cepat untuk langsung membeli merk iPhone dari tangan gradiente.

0 komentar:

Posting Komentar