Review Jurusan Astronomi


ASTRONOMI

APA SIH ASTRONOMI ITU?
Astronomi itu merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit. Oya, astronomi itu bukan astrologi ya, jadi nanti ga jadi peramal, tapi jadi orang pintar (maksudnya pinter di pelajaran astronomi). Kayak ekonomi dan ekologi kan juga beda jauh, yaah kurang lebih perumpamaannya begitu. Emang ekologi artinya apaaaa???

 
Astronomi di Indonesia cuma ada di ITB, bahkan merupakan satu-satunya di Asia Tenggara looooh.

BELAJAR APA DI ASTRONOMI?
Program Studi Astronomi menerapkan pengetahuan fisika pada objek di langit dan juga mempelajari struktur, sifat fisik serta evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi guna menumbuhkan kesadaran luasnya jagat raya. Program studi Astronomi sendiri dibagi menjadi 3 bidang keahlian, yaitu Tata Surya, Fisika Bintang serta Galaksi dan Kosmologi.

APA AJA YANG ADA DI ASTRONOMI ITB?
Gak usah diragukan lagi, program studi ini memiliki fasilitas-fasilitas terkini, contohnya perpustakaan yang berlangganan buku maupun jurnal astronomi dan astrofisika terbaru dan mutakhir. Terus, pastinya udah pernah denger Bosscha kan? Nah Bosscha ini merupakan salah satu fasilitas milik Astronomi ITB. Penelitian observasi disini sendiri punya banyak alat-alat canggih meliputi berbagai jenis teleskop, peralatan tambahan kamera CCD, spektograf dan fotometer. Sedangkan komputasi dilengkapi fasilitas Local Area Network (LAN), internet, dan computer personal dengan berbagai sistem operasi dan berbagai perangkat lunak modern.
Program Studi Astronomi ITB saat ini memiliki 17 staf pengajar yang terdiri dari: 7 doktor, 4 Doctor of Science, 1 Ph.D dan 5 Master of Science.

GIMANA SIH KULIAH ASTRONOMI?
Perkuliahan Astronomi gak hanya dilakukan melalui pembelajaran di kelas. Jadi buat kamu yang cepet bosen belajar di kelas gak usah khawatir! Karena ada juga kegiatan praktikum di laboratorium yang mencakup perolehan data seperti kegiatan pengamatan, pemrosesan data, dan pekerjaan komputasional untuk keperluan analisa dan statistika. Selain itu, pastinya pengamatan di Bosscha bikin kegiatan perkuliahan makin seru karena bisa sekalian liburan di Lembang :p
Nanti bisa maen petualangan sherina-sherinaan.

GIMANA CARANYA KULIAH DI ASTRONOMI ITB?
Astronomi di ITB masuk FMIPA (fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam) jadi nanti pas SNMPTN pilih FMIPA ITB. Setelah itu, kuliah secara umum selama setahun, kemudian ada kuisioner untuk penentuan jurusan. Pilih astronomi jika kamu pengen ke astronomi.
Walaupun masuk FMIPA, tapi ruang perkuliahan anak-anak astronomi masuk ke FTI (fakultas teknik industri). Jadi kalo kamu ngobok-ngobok FMIPA nyari anak2 astro ga bakalan ketemu. Enaknya jadi satu ma FTI yaitu bisa kepo-kepo ma cewek2 FTI, cantik-cantik loooh.
Ahahaha saya pernah kuliah bentar disana pas SMA dulu soalnya

KALO UDAH LULUS, JADI APA?
Pertama, jangan berpikiran kalo lulus jurusan astronomi jadi astronot ya, dan berpikiran jalan-jalan ke planet Mars, hang out ke galaxy andromeda, atau memakai cincin saturnus . Sarjana Astronomi bisa bekerja sebagai astronom, tenaga peneliti dan pengembangan, pendidik, tenaga di industri jasa dan manufaktur yang berhubungan dengan teknologi informasi, tenaga jurnalistik dan wirausaha. Banyak lulusan Astronomi ITB yang bekerja di berbagai perusahaan asing dan mulitnasional seperti LAPAN, BPPT, PTDI dan lainnya.
Namun, gambaran umum di atas tidaklah membatasi lulusan baik sains maupun teknik hendak menggeluti profesi apa setelah lulus. Banyak alumni yang terjun ke dunia yang sama sekali berbeda dengan program studinya. Apalagi umumnya yang dicari adalah lulusan S1, tanpa melihat sarjana apa. Saya pernah ngobrol-ngobrol ma salah satu alumni ITB jurusan astronomi, dan dia sudah kerja di perusahaan komputer2 gitu dan orangnya ngompor-ngomporin saya untuk ikut jejaknya
tapi akhirnya saya malah ke akuntansi #curhat

0 komentar:

Posting Komentar