Mengatasi Modem Smartfren Tak terdeteksi (Berkedip) di windows7

Hallo Prenn :D

Nih Tips dari saya mungkin bisa membantu pren skalian.


Mengalami Modem Smartfren kedip-kedip dan tak terdeteksi atau Modem Tidak Bisa Connect ? kalau cuman berkedip saja, bisa jadi karena setting Mode Selectionnya di set Hybrid, Selama modem terdeteksi dan bisa connect tidak masalah. Yang jadi masalah ketika kita pertama kali menggunakan Modem SmartFren, modem hanya berkedip-kedip tanpa ada respon untuk install driver-nya.
Kebetulan saya baru mencoba menggunakan SmartFren. Ketika Modem saya colok di laptop yang menggunakan OS Windows7, itu modem tidak menunjukkan reaksi auto install driver. Berbeda ketika saya pakai di PC yang pakai Windows Xp lancar-lancar saja, mulai dari Install Driver sampai test koneksi internet.
Ok Sobat, jika anda pakai Windows7 dan mengalami problem yang sama yaitu modem tidak terdeteksi dan hanya kedip-kedip saja, coba ikuti langkah-langkah berikut :
1. Masuk ke RUN atau tekan WIN+R
2. Ketikkan MSCONFIG, seperti gambar di bawah :

Selanjutnya sistem menampilkan System Configuration :


3. Pada tab General, pilih Diagnostic Startup (Seperti gambar di atas)
4. Pada tab Boot, pada pilihan Boot (Boot Options), pilih “Safe Boot” lalu pilih lagi “Minimal”
5. Pada tab Service, Disable semua service (Disable All)
6. Lalu restart komputer atau laptop anda

Setelah restart, laptop/ komputer menampilkan SafeMode. Langkah-langkah selanjutnya di tampilan Safe Mode :
  1. Masuk ke ke local C
  2. Masuk ke Windows\System32\LogFiles\WMI\...
  3. Perhatikan, di dalam folder WMI ini terdapat folder yang benama RtBackup. Hapus folder “RtBackup”..
  4. Setelah itu masuk ke Run lagi,, dan Ke MSCONFIG..
  5. Kembalikan setting seperti semula. Pada General pilih Normal Startup, Tab Boot, Hilangkan pilihan anda yang tadi, kemudian enable semua service yang telah terdisable sebelumnya.
  6. Restart kembali komputer anda (Sebelum restart, pastikan modem sudah di tancapkan di laptop/PC)
  7. Pada saat Windows restart dan mulai muncul program autorun smartfren, artinya langkah-langkah yang di lakukan di atas berhasil. Selanjutnya ikutin step-step biasa untuk Install Modem. Selamat berselancar :D
Updated 2013 :
Dari Komentar Pembaca, banyak yang masih mengalami kendala ketika menghapus folder RtBackup. Prinsipnya folder tsb yang bisa menghapus hanyalah Administrator. Untuk itu cara gampangnya, kita harus masuk ke Windows 7 sebagai Administrator Ikuti saja langkah berikut :
1. Di windows, Klik START, kemudian ketik CMD, sampai layar menampilkan screen CMD.EXE.
2. Di Command Prompt ketik : net user administrator /active:yes seperti tampilan di bawah :

3. Setelah muncul pesan "The Command Completed Successfully, tutup commant prompt di atas, dan log out Windows 7. Seharusnya di pembukaan Windows muncul pilihan Login sebagai Administrator. Masuk sebagai Administrator, kemudian selanjutnya seperti langkah-langkah di atas, hapus Folder RtBackup di Windows\System32\LogFiles\WMI\

Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi, nggak ada salahnya mencoba menggunakan tools yg namanya Unlocker. Software Unlocker itu gunanya untuk menghapus file-file yg aktif macam RtBackup gitu lah. Terus terus saya belum pernah mencoba, jadi silahkan cari di Mbah Gugel dengan keyword "Download software Unlocker dan cara menggunakan"

Demikian tip untuk mengatasi ketika Modem SmartFren tidak ter terdeteksi dan hanya kedap kedip oleh komputer dengan OS Windows7. Selamat mencoba, semoga sukses dan Barokah

0 komentar:

Posting Komentar