REVIEW JURUSAN STATISTIK

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolog-golongkan, menganalisis dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka atau singkatnya adalah ilmu yang mempelajari tentang pengolahan data. Statistika merupakan turunan dari matematika. Sebenarnya juga ada program keahlian statistika di jurusan matematika, tapi di jurusan statistika ini, tentu saja akan diajarkan lebih banyak dan luas dibanding dengan program keahlian statistika di jurusan matematika.

Di sekitar kita, banyak sekali kebutuhan akan data yang harus diolah dan disajikan dalam bentuk analisa yang berguna bagi kemajuan bahkan peramalan keadaan masa depan. Disinilah ilmu statistika bermain, jadi statistika mendesain agar data-data tersebut dapat berguna atau akurat dalam pengambilan keputusan. Missal nih, statistisi atau statistician (sebutan lulusan statistika) mencari data tren penjualan sebuah barang di tahun berjalan, kemudian data-data tersebut diolah dan disajikan untuk mengambil keputusan, apakah akan melanjutkan produksi atau tidak. Atau menganalisis beban kerja pegawai yang akan digunakan dalam pertimbangan kebutuhan rekrutmen perusahaan. 
Bidang Minat jurusan statistika secara umum dibagi menjadi 5:
  1. Analis dan perancangan survey
  2. Metode numeric dan riset operasi
  3. Metode simulasi dan pemodelan matematika
  4. Metode statistic riset pemasaran
  5. Pengendalian mutu dan kelayakan
Pada umumnya setiap lembaga/organisasi butuh statistisi, namun tergantung tingkatan lembaga/organisasi tersebut. Seperti pemerintah yang punya BPS atau perusahaan-perusahaan yang punya bagian riset. Dibawah ini akan dijabarkan lebih lanjut bidang kerja seorang statistisi:
1. Lembaga Pemerintahan
Lembaga pemerintahan sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang statistic untuk menunjang kebijakan pemerintah dan mempermudah proses kebijakan. Subjeknya sangat banyak dan bervariatif, mulai dari menghitung jumlah usaha kecil yang biasa dilakukan Kementerian Perdagangan, menghitung indeks pembangunan manusia oleh BPS, mengukur keberhasilan program KB oleh BKKBN, dll.
2. Perbankan
Dalam sector ini fungsi ilmu statistic juga cukup besar, contohnya untuk mengukur berapa jumlah kredit dan investasi yang dikucurkan oleh bank, lalu berapa jumlah penabung apabila dilihat dari skala usia, penghasilan, dan lain sebagainya
3. Sektor riset dan pengembangan
Riset dan pengembangan merupakan indicator dari sebuah kemajuan. Lembaga atau perusahaan untuk riset dan pengembangan bertebaran dimana-mana. Contohnya LIPI, LAPAN, BATAN dan banyak sekali lembaga swasta yang biasa digunakan oleh perusahaan besar seperti MARS, IPSOS, AC Nielsen, YLKI, dan masih banyak lagi. 
4. Perusahaan atau Organisasi Swasta
Perusahaan – perusahaan besar pasti mempunyai statistisi yang berguna untuk menganalisis misalnya penjualan, daya beli masyarakat, tren, dan hal-hal lain yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan dan strategi perusahaan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar